Kamis, 20 Agustus 2015




     Lampu tenaga surya adalah sebuah lampu yang menggunakan tenaga matahari dan terdiri dari lampu LED, sebuah panel surya fotovoltaik, dan sebuah baterai isi ulang.Lampu tenaga surya dapat digunakan di dalam ruangan dan di luar ruangan. Bagi yang di luar ruangan biasanya digunakan untuk dekorasi taman sedangkan yang di dalam ruangan digunakan sebagai penerangan di garasi.Lampu taman surya yang digunakan untuk dekorasi dibuat dengan banyak model dan desain serta mengandung unsur seni. Bentuk lampu taman surya sangat bervariasi ada yang berbentuk seperti hewan atau dengan desain yang bertema liburan. Lampu ini sering digunakan untuk menandai jalan setapak atau daerah sekitar kolam renang.Saat siang hari lampu tenaga surya mengisi ulang baterainya yang akan digunakan pada malam hari. Pada saat menjelang malam lampu ini akan secara otomatis menyala dan ada beberapa menyala secara manual. Batas waktu menyala sekitar 8 - 10 jam, tergantung berapa banyak sinar matahari yang diperoleh saat siang hari.lampu tenaga surya memang tidak terlalu terang dibandingkan lampu yang menggunakan tenaga listrik. Lampu ini relatif murah,mudah dipasang dan hemat energi.
Pada tahun 1884, lampu jalan elektrik pertama kali diterapkan di Romania. Pada saat itu, 731 lampu jalan dipasang di seluruh pelosok Romania. Hal ini membuktikan kebutuhan akan lampu jalan telah ada sejak dulu kala. Lampu jalan digunakan untuk meningkatkan keamanan, terutama terhadap kriminalitas dan meningkatkan jarak pandang ketika berkendara pada malam hari.
Seiring dengan meningkatnya peradaban manusia, maka kebutuhan akan lampu jalan pun semakin meningkat. Wilayah perkotaan yang meluas dan pertumbuhan jumlah jalan raya mengharuskan penerangan jalan untuk ikut bertambah. Hal ini berarti pertambahan yang besar pula bagi kebutuhan listrik.
    Saat isu mengenai penghematan energi mencuat, lampu jalan muncul sebagai salah satu objek penghematan. Salah satu alternatif yang digunakan adalah mengganti lampu merkuri dengan lampu LED yang hemat energi. Adalah Jepang, negara pertama yang mengaplikasikan LED sebagai lampu jalan di wilayah Osaka pada awal 2000-an. Hal ini terbukti menurunkan konsumsi listrik sebesar 80% di wilayah tersebut.
Alternatif kedua muncul ketika teknologi solar cell mulai berkembang. Selain diterapkan di rumah-rumah, solar cell juga diterapkan di lampu jalan sebagai alternatif sumber energi. Dengan digunakannya solar cell sebagai sumber energi lampu jalan, maka lampu jalan pun tidak memerlukan listrik dari pembangkit listrik konvensional lagi.
Ketika kedua alternatif ini menjadi satu(digabungkan), lampu jalan tenaga surya pun menjadi sebuah ajang penghematan listrik yang efektif.

Pertimbangan-pertimbangan menggunakan lampu jalan PJU berbasis tenaga surya dan LED:
    1.Daya tahan modul solar panel dan LED
    2.Bersifat mandiri, tanpa jaringan tenaga listrik
    3.Menggunakan energi matahari
    4.Tidak perlu merusak untuk membangun jaringan listrik
    5.Instalasi sangat mudah
    6.Perawatan mudah
    7.Mudah dipindahkan
  Aplikasi lampu PJU tenaga surya terdiri dari: Lampu jalan, lampu taman, lampu dermaga, lampu lapangan parkir, lampu jalan raya terpencil, lampu jalan pedesaan, lampu penerangan wisata, lampu jalan perkebunan, lampu jalan pertambangan, dan lain-lain.PJU Tenaga Surya beroperasi secara mandiri dan tidak memerlukan kabel jaringan antar tiang sehingga installasinya menjadi sangat mudah, praktis, sangat ekonomis dan tentunya dapat terhindar dari black out total jika terjadi gangguan.

    Secara keseluruhan sistem ini dirancang untuk penyediaan cahaya penerangan umum dengan sumber energi terbarukan, bebas biaya perawatan dan berumur ekonomis lama. Dengan sistem pemasangan yang cepat dan mudah, PJU LED Tenaga Surya dapat menjadi solusi yang cepat dalam mengatasi kebutuhan penerangan jalan umum

1 komentar:

  1. Banyak Bonus yang Kami Berikan .
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    line : cs_bolavita
    whatup : 6281377055002
    BBM: D8C363CA, D8DB1C57

    BalasHapus

Dialog Box

Design by Tria Bagus and Dandy Amarta | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | NewBloggerThemes.com