Senin, 17 Agustus 2015

Ramah lingkungan

Manusia mesti tau akan pengertian atau istilah ramah lingkungan akan tetapi sangat sedikit sekali manusia yang dapat atau bisa mempraktekkanya secara real dan nyata. Ramah lingkungan adalah suatu tempat yang di  huni oleh makhluk hidup dan jaga dengan baik secara terpadu agar manusia dapat melangsungkan hidupnya dengan tujuan menjaga lingkungan sebagai warisan untuk penerus hidup manusia  kedepannya  dimasa yang akan datang . Menjaga lingkungan menggambarkan  bahwa kehidupan  yang ramah lingkungan sudah ada sejak lama sebagai  alternatif agar tidak merusak lingkungan.Dalam paribahasan kita menghidupi dengan hal baru tanpa merusak lingkungan yang lainnya. Kemudian menurut pendapat yang lain:Kita beralih pada teknologi yang terbaru tanpa merusak lingkungan namun kita menjaga lingkungan dan kita membangun teknologi ramah lingkungan untuk menarik budaya lokal atau internasional untuk mencontoh atau mengembangkan .Jika berasil , dapat di pertahankan,dan disesuaikan didaerah tersebut maka hasilnya beberapa generasi tidak akan merusak lingkungan sekitar.

       Masih taukah anda apakah itu ramah lingkungan ? apa tujuan dari ramah lingkungan itu? kenapa ramah lingkungan itu harus tetap terjaga dan dilestarikan? Bagaimana cara agar sekeliling kita tetap dan terjaga lingkungan sekitar kita? Dan apa manfaatnya jika kita ramah terhadap lingkungan? Banyak orang membicarakan maksut dan pengertian ramah lingkungan tetapi tidak tau arti dan makna dari ramah lingkungan itu? 
       Pelestarian ramah lingkungan adalah suatu progam atau kegiatan yang tidak menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan sekitar lalu dapat di artikan sesuatu kelakuan ,kebiasaan ,atau pembiasaan yang tidak merusak alam sekitarnya. Ramah  lingkungan juga bertujuan untuk melestarikan bumi yang kita huni  agar bumi kita tetap lestari ,bersih,rapi,indah,dan nyaman.Yang terpenting adalah membuat kita sehat,tidak menimbulkan banyak penyakit  .Bayangkan jika kita tidak ramah terhadap lingkungan apakah yang terjadi terhadap bumi kita? Yang terjadi mungkin yang pertama adalah kita terserang penyakit karena lingkungan sekitar kita menjadi kumuh ,kotor dan jorok ,menjadi tempat sarang nyamuk , menimbulkan bau tidak sedap , lingkungan sekitar kita menjadi tidak terawat dan kita merusak alam sediri yang kita huni  . Padahal kita hidup di bumi kita yang tercinta ini kita harus menjaga dan merawatnya agar tetap terjaga ,lestari,dan tetap terawat .
        Kita sebagai warga negara Indonesia seharusnya menyadari akan semua permasalahan yang ada di Negara kita sendiri bukan menambah permasalahan yang ada dan akan membuat permasalahan itu tidak terselesaikan secara terus-menerus. Sebenarnya berbagai macam konflik yang ada di Indonesia itu di sebabkan oleh kurangnya kesadaran manusia  akan pengertian ,pelaksanaan ramah terhadap lingkungan . 
      Banyak orang kurang akan kesadaran terhadap ramah lingkungan contohnya adalah kota Jakarta . Jakarta dahulu merupakan kota yang terkenal sebagai tempat bersejarah bagi bangsa Indonesia saat kemerdekaan Indonesia , tetapi sekarang hanyalah sebuah kenangan saja .Kenapa hal itu terjadi? jawabanya adalah orang dan warganya tidak dapat menjaga lingkungan di kota tersebut. 
     Banyak gedung-gedung tua dan tempat peninggalan bersejarah sudah semakin langka di Jakarta . Semua gedung-gedung tua dan tempat peninggalan bersejarah sudah beralih fungsi sebagai tempat untuk berbisnis dan kempentingan pribadi masing-masing  maupun golongan dalam berbisnis.Padahal jika kita melestarikan gedung-gedung tua dan peninggalan bersejarah yang ada di Indonesia akan banyak sekali manfaat yang besar bagi bangsa Indonesia bukan nya merusak atau menganti untuk kepentingan mereka masing - masing. Seharusnya angan-angan seperti itu harus terwujudkan  dari sekarang bukan sekedar hanya angan-angan atau omongan belaka saja. Sebenarnya banyak sekali cara untuk bangsa Indonesia  meraih kesuksesan ,namun kita harus berfikir kembali akan kepribadiaan dan tujuan misi ,visi yang kita wujudkan.Dan itu harus kita perhatikan jika bukan  dari diri kita sendiri yang mewujudkannya mau siapa lagi ?apa kah harus negara lain? itu hal yang mustahil.  Maka dari itu kesadaran pada setiap manusia terhadap “Ramah Lingkungan” sangat di perlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan kemakmuran bagi semua orang .

     Adapun cara mudah agar kita dapat menjag lingkungan sekitar yaitu kita selalu berpartisipasi disegala bidang atau program yang mendukung untuk melestarikan alam .
Diantaranya :
     1. Berawal dari generasi muda yang menanam atau mereboisasi pohon di tempat yang gundul akan pohon yang bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara dari polusi udara dan membuat lingkungan sekitar kita rindang dan sejuk serta dapat terlihat indah.Selain itu juga kita dapat terhindar dari bencana banjir,tanah longsor.
    2. Kita membuat kebiasaan untuk selalu memilah jenis sampah baik organik atau non- organik.Adapun jika kita dapat memilah jenis sampah sewaktu-waktu kita dapat mendaur ulang sampah tersebut.Bila sampah  organik bisa kita jadikan pupuk yang dapat mensuburkan tanaman sekitar.Dan jika sampah non-organik tidak dapat didaur ulang namun bila kita mempunyai kreatifitas maka kita dapat memanfaatkan sampah non-organik tersebut,contoh dijadikan suatu kerajinaan :dijadikan dompet ,tas,hiasan rumah ,pot bunga ,dan lain-lain.Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kebersihan lingkungan sekitar kita dan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai.
     3.Agar lingkungan kita tidak terkena bencana banjir ,longsor sebaiknya kita membiasakan untuk tidak membuang sampah sembarangan karena jika banyak sampah yang di buang di sungai ,danau,laut ,atau saluran pembuangan air maka akan terjadi penyumbatan,air akan sulit mengalir ke daerah lainnya.Yang terpenting adalah kegiatan ini bertujuan untuk melancarkan saluran pembuangan air didaerah -daerah tersebut.       
   4.Apabila disekitar lingkungan kita ada pabrik di sarankan kepada pemilik pabrik untuk membuang limbah tidak di sungai atau di sekitar pemukiman warga.Limbah pabrik juga membuat pencemaran air, tanah dan udara .Akibat  dari limbah pabrik juga menyebabkan pengolahan lahan sulit di olah,menyebabkan kelangkaan air jernih,pencemaran udara yang mengandung gas-gas yang berbahaya , mengakibatkan terserang penyakit dan membuat bau lingkungan sekitar kita tidak sedap.   
    5.Di Indonesia terdapat hewan langka yang sebaiknya tidak kita memburu dan membunuh hewan tersebut baik untuk kepentingan pribadi maupun golongan.
    6.Jalan raya merupakan tempat yang sering kita buat akan polusi udara ,ada suatu cara agar terhindar akan polusi udara tersebut yaitu mengadakan program "Hari Tanpa Kendaraan Bermotor" di program tersebut diisi dengan kegiatan sepedah atau senam sehat.Selain lingkungan kita terhindar dari polusi udara  yang menyebabkan penyakit bagi organ pernafasan manusia kita juga dapat menggurangi penggunaan bahan bakar motor yang semakin langka.  
    7.Apabila kita tinggal di area pantai kita dapat mencegah abrasi dengan menanam tanaman bakau,melestarikan terumbu karang dan menjaga kelestarian alam laut .Dan jika kita ingin menangkap ikan sebaiknya kita tidak menggunakan alat yang berbahaya bagi kehidupan atau habitat ikan yang ada di laut.Akibatnya kita dapat melihat laut tetap indah dan terjaga.

    Walaupun kita tinggal di daerah pesisir,perkotaan ,pedesaan  kita harus tetap membuang sampah pada tempatnya . Jangan sekali-kali kita membuang sampah sembarangan ,membuat polusi yang dapat merusak lingkungan sekitar kita.Demikian akan pengertian ramah lingkungan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Dialog Box

Design by Tria Bagus and Dandy Amarta | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | NewBloggerThemes.com