Jumat, 21 Agustus 2015


    Batu bara adalah suatu bahan yang dukunya di gunakan untuk memenuhi energi di dunia teknologi .Namun karena enrgi batu bara ,bahan bakar fosil ,minyak bumi semakin menipis maka penggunaan energi tersebut di hentikan .Seiring dengan perkembangan perkembangan teknologi itu pernah berhenti pada tahun 1979 karena krisis energi batu bara dan minyak bumi  dan teknologi panel surya dilirik oleh peneliti yang mana penggunaan nya tidak merusak lingkungan itu semua di mulai pada tahun 1860 Strategi ekonomi pemasangan lampu tenaga surya yang di pimpin oleh negar Amerika Serikat dan didukung oleh program Sunshine di Jepang.Adapun alasan lain kenapa energi surya digunakan menurut Badan Energi Internasional mengatakan :"Bahwa energi surya dapat membantu menyelesaikan permasalahan penting di dunia dan perkembangan teknologi energi surya yang terjangkau ,tidak dapat habis, bersih dan ramah lingkungan akan membereikan keuntungan yang besar dalam jangka waktu yang lama".
    Dimana perkembangn teknologi lampu surya dapat menigkatkan akan kemajuan negara Indonesia melalui pemanfaatan sumber energi yang sudah ada ,tidak habis ,dantidak tergantung pada impor,meningkatkan kesinambungan,mengurangi polusi ,mengurangi akibat perubahan iklim(global warning),dan menjaga harga bahan bakar fosil yang mulai punah
   Keuntungan-keuntungan ini  juga berlaku  pada bumi. Oleh sebab itu tenologi ini dapat digunakan dengan baik.Adapun jika kita menggunakan energi matahari kita dapat memainkan peran yang penting akan penggunaan energi matahari ini dan tidak menimbulkan akan gas -gas yang merusak lingkungan.Pengembangan efisien dari energi surya juga memiliki kekuatan dari varietas yang luas  dan fleksibel dari aplikasinya mulai dari skala yang besar sampai skala yang kecil.
  Sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada lampu tenaga surya yang memperhemat listrik ,mempermudah dalam penggunaan lampu jalan ,agar bumi ini selalu nyaman di huni oleh manusia .  Kita telah buktikan... bahwa setelah persediaan minyak dan batubara kita habis, manusia dapat menerima energi tak terbatas dari sinar matahari.
  Penggunaan lampu sebagai penerangan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam penggunaannya, lampu yang banyak digunakan sekarang ini tidak ramah lingkungan dan memerlukan banyak energi. Perkembangan terbaru dalam sistem penerangan adalah penggunaan LED. LED memiliki banyak kelebihan daripada lampu biasa, antara lain lebih ramah lingkungan, lebih tahan lama dan lebih irit energi. Penggunaan LED banyak dipakai pada senter, lampu rumah dan lampu penerangan jalan umum.

Potensi Lampu Jalan LED dengan Tenaga Surya di Dunia dan Indonesia

  Potensi LED sebagai lampu jalan di dunia cukup besar. Walaupun pada awalnya pancaran cahaya LED tidak seterang lampu konvensional, kini telah ditemukannya juga LED yang mempunyai kemampuan mengeluarkan cahaya dengan terang. LED juga merupakan lampu yang sangat hemat energi, sehingga sangat dianjurkan untuk mengganti lampu jalan konvensional yang menggunakan banyak energi listrik.

  Potensi sel surya di dunia juga sangat tinggi. Tenaga surya yang tidak akan habis mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi energi alternatif sumber energi listrik. Oleh karena itu sel surya berpotensi daerah tropis yang memiliki pancaran sinar matahari tinggi seperti di negara Indonesia.
 Karena potensinya masing-masing yang besar, pengembangan teknologi untuk menjadikan LED sebagai lampu jalan dengan tenaga surya memiliki potensi yang sangat besar juga di dunia. Tingkat kebutuhan listrik yang relatif kecil juga menyebabkan panel surya yang dibutuhkan oleh lampu LED cukup kecil untuk di atas tiang lampu itu sendiri. Dan karena bentuknya yang tidak jauh berbeda dari tiang sebelumnya, tiang lampu tidak perlu diganti lagi . Hal ini berarti tingkat penghematan yang cukup besar untuk sebuah lompatan teknologi, sehingga teknologi ini sangat berpotensi di dunia dan khususnya negara kita Indonesia.

Potensi Peluang Implementasi Lampu Jalan LED dengan Tenaga Surya di Indonesia

  Lampu LED sebagai lampu jalan di Indonesia belum banyak dipakai. Teknologi pengembangan LED sudah sampai ke LED super yang memiliki intensitas cahaya yang tinggi. Oleh karena itu sudah cukup untuk menggantikan lampu yang sekarang. Lampu LED juga sangat hemat listrik dan ramah lingkungan. Karena tingkat penghematan energi di Indonesia sangat diharapkan mengalami peningkatan, lampu LED ini sangat berpotensi di Indonesia.

  Potensi peluang implementasi lampu LED sebagai lampu jalan dengan tenaga surya sangat besar. Dengan tingkat intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi teknologi ini dapat dimanfaatkan dan Indonesia sebagai negara yang beriklim tropis memiliki cahaya matahari yang cukup lama dan dapat dimanfaatkan. Pada dataran rendah contohnya pantai, matahari cukup stabil. Oleh karena itu, peluang implementasi teknologi ini cukup tinggi pada daerah-daerah tertentu yang memiliki cahaya matahari yang cukup stabil.

  Salah satu kendala yang dihadapi Indonesia adalah curah hujan yang juga cukup tinggi pada wilayah tropis. Hal ini memang membuat teknologi sel surya sebagai sumber utama menjadi tidak berguna. Kematian lampu jalan berakibat sangat fatal, oleh karena itu pada lampu LED ini disediakan juga jalur listrik dari pusat sebagai energi alternatif untuk membuat lampu jalan tetap hidup dan tidak perlu lagi di perbaiki.

  Tingkat pengeluaran untuk penggunaan teknologi ini juga tidak terlalu mahal. Dibandingkan dengan pengeluaran yang dikeluarkan oleh lampu yang lama, investasi yang dilakukan dengan penggunaan teknologi ini jauh lebih besar. Modalnya memang cukup mahal, tetapi pada akhirnya biaya pengeluarannya akan relatif sangat kecil. Oleh karena itu, di Indonesia diharapkan dapat menggunakan teknologi ini dengan bertahap. Tidak semua lampu langsung diganti tetapi akan sedikit demi sedikit diganti dengan lampu LED bertenaga surya ini. Dengan cara ini maka peluang implementasi teknologi ini di Indonesia akan sangat besar.

 Itu semua untuk perkembangan negara tercinta kita walaupun itu membutuhkan proses yang cukup di pikirkan namun dengan demikian lah negara kita dapat meraih kesuksesan dan kemak muran baik bermanfaat untuk masyarakat juga manfaat untuk perkembangan negara. 

0 komentar:

Posting Komentar

Dialog Box

Design by Tria Bagus and Dandy Amarta | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | NewBloggerThemes.com