Rabu, 26 Agustus 2015


         Air adalah sumber energi di dunia yang banyak hampir seluruh  bumi itu adalah air ,namun air bersih lah yang diperlukan bagi manusia dan sebaliknya air kotor akan di buang ke sungai ,danau, dan berbagai tempat yang memungkinkan air kotor tersebut dapat di buang.Hal ini akan mengakibatkan pencemaran air yang ada di sungai serta membunuh hewan yang  hidup di sungai tersebut, seperti ikan ,katak,dan berbagai makhluk hidup lainnya.Ramah lingkungan merupakan program yang tepat untuk mengatasi hal itu karena dengan adanya program ramah lingkungan kita dapat membuat lingkungan kita tetap terjaga .Pilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak air.
Tanaman sejenis kaktus, cemara, bambu, dan nanas-nanasan merupakan tanaman yang biasa hidup di daerah kering. Tanaman jenis ini tidak memerlukan banyak air untuk hidup, maka sangat tepat jika xeriscape memilih tanaman jenis ini.
A.Pengelompokan tanaman
Untuk menambah keindahan, mungkin Anda ingin menambahkan jenis tanaman yang memerlukan air untuk hidup. Jika ada beberapa jenis tanaman, Anda dapat mengelompokkan saat menanamnya berdasarkan kebutuhannya terhadap air.
Tanam secara berdekatan tanaman-tanaman yang mebutuhkan air dan kelompok lain, tanaman yang tidak terlalu membutuhkan air. Dengan melakukan pengelompokkan ini, maka penggunaan air untuk menyiram dapat dikurangi karena pada kelompok tanaman yang bisa hidup di daerah yang kering, Anda tidak perlu menyiram dengan banyak air tanpa membuat kering tanaman yang butuh lebih banyak air.
B.Teknik menanam
Anda dapat menerapkan penghematan air mulai dari saat menanam. Caranya, gali lubang, isi dengan air, biarkan air menyerap tanah ke dalam tanah sehingga tanah menjadi lembap. Selanjutnya, masukkan tanaman dan masukkan kembali tanah. Setelah selesai ditanam siram kembali dengan air.
Cara ini membuat akar lebih cepat tertanam dalam tanah. Selain itu, metode ini akan mengurangi frekuensi penggunaan air.
1.Menyiram dengan efisien
   Agar tidak banyak air yang terbuang, penggunaan air harus diperhatikan saat melakukan penyiraman. Cara untuk menghemat air adalah dengan menggunakan ember khusus tanaman atau dengan menggunakan spray sehingga menghasilkan tetesan air. Ini jauh lebih efisien dibandingkan jika menggunakan selang. Selain itu, akar akan lebih optimal menyerap air dalam bentuk tetesan yang keluar secara perlahan.
2.Pilih waktu yang tepat untuk menyiram
   Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman adalah pada sore atau malam hari. Penyebabnya adalah karena cuaca yang lebih teduh pada saat itu, sehingga mengurangi penguapan dan air dapat bertahan lebih lama pada tanaman dan media tanam. Penyiraman pada saat teduh membuat tanaman memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyerap air.
3.Memanfaatkan air buangan
    Air AC yang biasa tidak dibuang, dapat dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Ini merupakan air hasil kondensasi dengan hasil yang baik. Air buangan lainnya adalah dengan menadahkan air hujan dari atap, Anda dapat memanen banyak air yang berguna untuk menyirami taman.
Dengan cara menyiram tanaman yang tepat, kini Anda dapat memiliki taman hemat air, yaitu merawat taman dengan air yang minim sekaligus melatih kita untuk menghemat air..

    Pembuatan tempat cuci tangan yang didesain oleh Jean Michel Montreal Gauvreau yang memiliki 2 fungsi atau multifungsi yaitu selain bisa di jadikan tempat cuci tangan juga dapat digunakan untuk mengaliri air ke suatu tanaman menggunakan wastafel yang di arah kan pada tanaman tersebut.Bentuk dari wastafel tersebut dapat berupa wastafel tunggal maupun ganda. 
   Jika air yang telah di gunakan untuk berbagai aktivitas manusia seperti berwudhu untuk kalangan manusia yang beragama islam .Air yang telah di gunakan berwudhu akan di buang ini menjadi sia-sia namun jika air itu di salurkan pada suatu taman yang memiliki berbagai tanaman itu akan berdampak positive yaitu menggunakan ulang bahan yang telah di pakai.
    Manfaat dari kegiatan ini yaitu sebagai berikut:

  1.Tidak boros air
  2.Menggunakan air yang telah terpakai untuk tanaman
  3.Tanaman tidak susah-susah  di siram lagi.
  4.Menjadikan tanaman subur
  5.tanaman supaya tidak gampang layu .

Dengan begitu selain air tidak terbuang sia-sia kegiatan tersebut juga merupakan hal yang ramah lingkungan .karena menggunakan sumber penghasilan yang telah di gunakan lalu dipakai lagi.Air memang banyak namun apakah sumber energi yang banyak kita remeh kan dan tidak kita pedulikan.
     
    
   

0 komentar:

Posting Komentar

Dialog Box

Design by Tria Bagus and Dandy Amarta | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | NewBloggerThemes.com