Minggu, 23 Agustus 2015

Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik yang digunakan untuk mempermudah kehidupan manusia dan tidak bergantung pada energi listrik saja.
Matahari merupakan sumber energi terbesar di semesta alam ini maka dari itu kita sebaiknya memaxsimalkan sumber energi matahari dengan sebaik -baiknya.Matahari sudah di gunakan sejak dahulu namun dengan seiringnya zaman matahari di gunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang mereka perlukan.
    Surya adalah tempat yang meresap sumber cahaya terkuat yang dapat di manfaatkan.Cahaya listrik atau di kenal dengan photovoltaic
 digunakan untuk menyerap energi matahari dan menyebabkan arus listrik  mengalir antar dua lapisan muatan yang berlawanan .Penggunaan panel surya di pemproduksian listrik sangat kecil tinggi watt nya tertahan dan mereka lebih memilih bahan bakar fosil  yang dapat lebih tinggi penggunaan nya ,namun itu semua tergantung akan keadaan .

Energi matahari menjadi pilihan energi terbarukan yang menarik bagi banyak pengguna lampu jalan dan pemilik rumah di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan menggunakan panel surya yang perlu anda ketahui:

Keunggulan Panel Surya:


  • Panel surya sangat ramah lingkungan dan tidak memberikan dampak  terhadap perubahan iklim  ,cuaca ,atau udara sekitar seperti jika kita  menggunakan bahan bakar fosil itu membuat gas rumah kaca yang berbahaya untuk kehidupan di dunia,karena panel surya tidak memancarkan gas rumah kaca yang berbahaya.
  • Panel surya memanfaatkan energi matahari .Matahari adalah bentuk energi paling berlimpah dan terbesar  yang tersedia di planet dan alam semesta kita ini.Mungkin kita tidak membutuhkan pembaharuan lingkungan karena tidak mungkin sumber energi matahari akan hilang tau punah ,kecuali hari kiamat datang.
  • Panel surya mudah dipasang dan memiliki biaya pemeliharaan yang sangat rendah karena tidak ada bagian yang bergerak serta pengoperaasiaan nya tidak rumit dan mudah di perbaiki.
  • Panel surya tidak memberikan dampak negative terhadap polusi udara,air,darat, dan bekerja dengan sangat diam .Tanpa pengendalian yang rumit dan tidak bergerak jika di operasikan.
  • Banyak negara di seluruh dunia yang menawarkan program yang menguntungkan bagi pemilik rumah yang menggunakan panel surya. 
  • Harga panel surya terus turun meskipun mereka masih harus bersaing dengan bahan bakar fosil.Selain harga panel surya turun juga tidak merusak lingkungan,dari pada bahan bakar fosil yang yang harga nya mahal juga merusak populasi lingkungan sekitar.
  • Panel surya sangat efisien karena masa pakai panel surya itu dapat mencapai 20-30 tahun atau lebih,dan garansinya  akan hemat yaitu dalam jangka panjang pula.
Kelemahan Panel Surya:
  • Panel surya masih relatif mahal, bahkan meskipun setelah banyak mengalami penurunan harga. Harga panel rumah yang berukuran sedang saat ini sekitar  12000-18000 dolar Amerika.
  • Panel surya masih perlu meningkatkan efisiensi secara teratur karena banyak sinar matahari  yang terbuang sia-sia dan berubah menjadi panas karena itu kita perlu mencari penggunaan panel surya yang efisien. Rata-rata panel surya saat ini mencapai efisiensi kurang dari 20% untuk penggunaannya.
  • Jika tidak terpasang dengan baik dapat terjadi pemanasan mesin pada panel surya diatas 105 derajat celcius yang dapat merusak mesin panel surya.
  • Panel surya terbuat dari beberapa bahan yang tidak ramah lingkungan.
  • Daur ulang panel surya yang tak terpakai lagi dapat menyebabkan kerusakan lingkungan jika tidak dilakukan dengan hati-hati karena silikon, selenium, kadmium, dan sulfur heksafluorida (merupakan gas rumah kaca), kesemuanya dapat ditemukan di panel surya dan bisa menjadi sumber pencemaran selama proses daur ulang.
  Dari sini kita dapat mengerti apa itu panel surya ,ciri-ciri nya kelemahan ,kekurangannya dan manfaat panel surya bagi kehidupan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Dialog Box

Design by Tria Bagus and Dandy Amarta | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | NewBloggerThemes.com